Kamis, 18 April 2013

BENARKAH DANA BESAR DI PUSKESMAS, SEMAKIN MEMPERKECIL HASIL KINERJA PUSKESMAS?

Tak banyak yang berujar, "...puskesmas di Kab. Kutai kartanegara kurang dana, sehingga selalu sulit dalam mengemban tugas misi penyehatan masyarakat"..., Apakah fenomena ini benar?  namun secara analisis penganggaran kesehatan, dana yang di anggarkan ke Puskesmas-puskesmas itu tergolong tidaklah kecil. soo.? apa yang jd masalah?

Keadaan ini selalu terjadi di setiap tahun pertanggungjawaban alokasi anggaran puskesmas ke dinas kesehatan kab. kutai kartanegara. dengan banyaknya nominal angka pagu ke setiap puskesmas, paling tidak puskesmas mampu memenuhi cakupan SPM yang menjadi tolak ukur berhasil tidaknya pelaksanaan tugas puskesmas di dalam dan luar gedung puskesmas namun tidak seperti adanya.... ;)

Seiring berjalannya waktu dana yang di gulirkan ke instansi kesehatan dasar itu, selalu mengalami kenaikan. tapi keadaan ini selalu berbanding terbalik dengan apa yang sudah di laporkan puskesmas sebagai hasil dari kinerjanya selama ini. peningkatan nilai cakupan yang tergolong tidak signifikan, tapi juga selalu jauh dari keharusan Cakupan SPM.

Namun disadari Puskesmas, bahwa hal ini selalu menjadi fenomena. dimana setiap puskesmas cenderung memiliki keadaan yang sama. hal ini menjadi PR buat semua instansi terkait, agar keadaan ini harus berbanding sama antara kenaikan pagu anggaran, dan kenaikan nilai SPM. 

Puskesmas sebagai ujung tombak yang melaksanakan peran kesehatan langsung ke masyarakat, memang haruslah mendapat perhatian yang khusus & serius. seluruh kegiatan kesehatan di kolaborasikan dengan berbagai program yang memang harus butuh mentor yang baik, yang bisa mengarahkan dan menggerakkan kegiatan ke arah pencapaian SPM tersebut. untuk itulah terkadang memang dirasa kurang dana yang di alokasikan. memang secara nominal dana tersebut besar., tapi dalam pelaksanaan kegiatannyanya dana tersebut dinilai kurang alhasil, terjadilah fenomena yang dimaksud. hal ini harus di perbaiki sedikit demi sedikit sebab keberhasilan kementrian kesehatan dalam pelaksanaan misi penyehatan masyarakat inipun, akan berdampak dari hasil kinerja Puskesmas. tak ada yang tidak mungkin untuk sebuah keberhasilan yang di harapkan. tapi dengan modal komitmen dan kebersamaan dan menjunjung asas keseragaman, sangat mungkin hal ini kita wujudkan. 

Kesehatan mutlak dan harus sama rata di terima individu dan masyarakat. inilah qta sebagai insan kesehatan, dengan tanggung jawab moral harus bisa menjawab segala tantangan yang akan dihadapi.  di harapkan "Kedepannya dana besar ke Puskesmas juga akan semakin memperbesar hasil kinerja puskesmas". (GW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar